Minggu, 09 Mei 2010

Indonesua Surga Para Pencari Suaka

INDONESIA SURGA PARA PENCARI SUAKA


Telah banyak berita yang mungkin sering kita dengar mengenai polisi Indonesia yang menyandra puluhan orang imigran yang lewat perairan Indonesia untuk sampai ke negara tujuan mereka, atau mungkin para pencari suaka ini menetap sementara di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara empuk untuk para pencari suaka menetap sementara sampai negara tujuan mereka mau menerima mereka.

Pencari suaka pindah atau melarikan diri dari negaranya karena berbagai faktor salah satunya mereka tidak nyaman dan merasa takut karena perang seperti Afganistan, politik yang tidak berkesudahan seperti di Nigeria, dan sisanya karena mereka ingin mencari keberuntungan dalam kehidupan ekonomi. Mereka datang ke Indonesia hanya sebagai negara Transit bukan negara tujuan mereka. Negara tujuan mereka adalah Australia yang secara geografisnya terletak di bawah Indonesia dan mereka dengan cepat melalui perairan Indonesia.

UNHCR merupakan badan pencari suaka untuk Indonesia, biasanya para pencari suaka di tampung di lembaga permasyarakatan pencari suaka. Mereka tinggal di lembaga ini seperti di penjara, kurang air, kamar yang panas dan penuh sesak, serta menu makan yang bukan corak selera negara mereka. Mereka(para pencari suaka) berbulan - bulan menunggu keputusan UNHCR memberikan surat keputusan negara mana yang akan menerima mereka, dengan catatan mereka pun akan diseleksi untuk bisa daiterima ke negara tersebut. Mereka menunggu dengan harapan yang kosong, karena UNHCR memproses sangan lama, banyak diantaranya sampai sakit dan stress karena beban hidup yang tak menentu.

Masalah pencari suaka ini sangat meresahkan Indonesia, karena Indonesia menjadi negara tampungan untuk mereka. Australia sebagai negara tujuan menyiarkan untuk tidak akan menerima para pencari suaka. Pemetintah Indonesia dan Pemerintah Australia berkali-kali merundingkan masalah para pencari suaka ini, alhasil Australia memberikan anggaran mereka untuk Indonesia mengurus para pencari suaka ini. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah HARUSKAN INDONESIA MENJADI NEGARA TRANSIT UNTUK MEREKA???yang notabenenya Indonesia saja masih Keteteran untuk malah dala negerinya sendiri. Ini harusnya menjadi catatan untuk semua negara di Dunia dan PBB bahwa para pencari suaka bukan hanya tanggung jawabIndonesia ini harus menjadi tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar